Monday, March 15, 2010

10 Rahasia Untung dari Saham BUMI

( Sumber : Pojok Saham )

10 Rahasia Untung dari Saham BUMI :
  1. Selalu ikuti kemauan bandar. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada market maker/bandar yang selalu saja menggoyang saham ini. Cara yang paling pasti adalah berteman dengan bandarnya dan selalu mencari bocoran. Jika bandar sedang akumulasi, Anda beli. Jika bandar sedang distribusi, Anda jual. Sesederhana itu. Yang sulit, bagaimana cara berteman dengan bandarnya ya?

  2. Perhatikan siapa yang membeli. Jika Anda tidak tahu siapa bandarnya, maka Anda perhatikan saja sekuritas yang membeli. Perhatikan nama-nama seperti KZ dan ZP dan YP. Walaupun YP dulunya adalah sekuritas para retail namun sekarang tampaknya para pemain besar juga menggunakan nama YP. KZ dan ZP adalah sekuritas asing yang modalnya sangat besar, jadi mereka dalam sehari bisa menampung saham ini hingga lebih dari setengah trilyun rupiah (kadang tanpa jual satu lot pun). Perhatikan jika mereka-mereka ini sedang beli banyak tanpa ada berita apa-apa, Anda ikut. Berarti mereka bandarnya.

  3. No news is good news. Menyambung yang di atas. Tidak ada berita bagi saham ini adalah berita baik. Tentu saja berita macam "IHSG Hari Ini Naik Dimotori Saham BUMI" tidak termasuk. Cuekin saja. Itu jenis berita paling tidak penting dan tidak berguna menurut kami. Satu kali lihat monitor (bisa pakai Yahoo Finance) saja sudah tahu. Cari berita paling update menggunakan mesin pencari "Paling Baru" di beranda (ketik saja "BUMI" atau "saham BUMI"), kemudian lihat tanggalnya.

  4. Beli ketika harga sideways tanpa berita. Kami serius. Ada teori yaitu Bollinger Band yang menyebutkan hal ini. Hanya, tentu saja, Anda harus cek RSI terlebih dahulu. Beli ketika Bolllinger Band menyempit dan RSI ada di bawah sekali. Sabar hingga hal ini bisa terjadi. Ini jackpot jika bisa menangkapnya.

  5. Beli ketika breakout tanpa berita. Ya, ketika orang lain takut dan/atau ragu-ragu dan/atau bertanya-tanya "ada apa?", Anda beli pada sore hari ketika harga sudah naik lebih dari 10%. Anda cuma perlu tahu satu hal: volumenya besar dan candlesticknya bullish engulfing. Ada alasan kenapa transaksi ketika buka dan ketika tutup paling ramai. Ketika buka, para pemula (semoga bukan Anda) yang melihat harga kemarin naik ingin memiliki saham BUMI. Ketika tutup, entah para pro profit taking (tinggal mengguyur bid) atau beli untuk besok. Istilahnya amateur on open, pro on close. Bersikaplah seperti pro dan berpikirlah seperti pro. Jangan takut membeli di high untuk hari itu karena besok Anda pasti bisa jual pagi-pagi. Ini salah satu kiat yang paling penting dan pasti untuk untung 2-3% dalam waktu sehari.

  6. Jual ketika ada berita baik. Ya, kami menyarankan Anda berpikir untuk jual ketika semua orang sedang di awang-awang. Sell on news, istilahnya. Kenapa? Karena rumor dan berita itu dibuat oleh market maker untuk menggerakkan saham ini sehingga mereka bisa profit taking. Tidak peduli ada breakout atau tidak (biasanya ada), ketika ada berita baik, Anda jual!

  7. Jual ketika harga sampai target. Tidak perlu menunggu let profit run. Jika target Anda sampai, langsung jual. Ini sangat penting untuk menghindari sesal di kemudian hari yang tiada berguna.

  8. Untung 5% lebih baik daripada rugi 10%. Bahkan 2-3% pun bila pasti tidak apa-apa. Tidak ada pengusaha yang bangkrut karena untung sedikit. Oh ya, ingat manajemen modal Anda.

  9. Pasang trailing stop sangat ketat. Jika Anda sudah untung, jangan sampai jadi buntung. Jangan serakah. Jangan serakah. Jangan serakah. Ingat-ingat nasehat ini.

  10. Selalu ingat peribahasa "tong kosong nyaring bunyinya". Pada akhirnya seperti yang kami tulis di artikel ini, perusahaan ini bukanlah perusahaan yang bagus secara fundamental, seperti tong kosong. Anda tidak akan menemukan emas ketika "membuka" isi perusahaan tersebut. Akan tetapi untuk trading bisa saja menguntungkan jika Anda mengikuti rahasia di atas. Jangan pernah berpikir "investasi" dalam saham BUMI. Kami lebih menyarankan Anda berinvestasi pada saham lain yang bagus saja.