Tuesday, June 1, 2010

Money Management

Sumber : Anggun Trader

Money Management :

1. Batasi kerugian anda.
yg pertama tentukan modal yg anda siap kalah dalam berjudi, ini hampir sama dengan batasi kerugian anda pada saat bermain saham, sampai level berapa anda harus CL, average down dll.
2. Bermainlah dengan yg anda kuasai..
Bila anda sudah menguasai suatu pergerakan saham, amati terus dan bermainlah di saham itu, ini tentunya akan memberikan profit yg maksimal daripada bermain di saham2 yg tidak jelas dan baru anda ketahui permainannya. Kuasailah beberapa jenis saham, dan fokuslah.
3. Tidak memaksakan diri..
Ada saatnya kita menunggu dan bermain sedikit, mungkin karena marketnya kurang bagus, atau hal2 lain yg mengganggu konsentrasi kita. Seorang Player yg bermain terus2an dan dalam jumlah yg banyak, kemungkinan besar akan kalah dan kehilangan modalnya.
4. Menggandakan keuntungan, bukan menggandakan kerugian.
Banyak trader yg hancur ketika indeks saham turun tajam beberapa waktu lalu, rugi banyak, kehilangan modal, nyangkut di harga tinggi selangit. Trader yg menggunakan margin harus bijaksana, margin di gunakan untuk melipat gandakan keuntungan, bukan average down . margin pada dasarnya digunakan karena ada peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih sementara dana anda habis dan saham anda masih berpeluang naik dan dalam posisi untung. Untung yg besar adalah membiarkan keuntungan kita terus berkembang dengan tidak terlalu cepat di ambil keuntungannya, tetapi membatasi sampai dimana kita harus take profit apabila harga bergerak kembali turun. Rugi yg besar adalah rugi yg kecil dan kita biarkan berkembang menjadi besar tanpa kita sadari, rugi itu kemudian menjadi besar dan kita tidak tega untuk Cut loss, sampai akhirnya kita merasa sudah tidak kuat lagi, dan saat itu kita Cut loss.
5. Fokus . Seorang trader yg sukses akan fokus pada portofolio, uangnya, dan saham2 incarannya.. di dalam portofolionya tidak terdapat banyak saham, paling 1-5 macam saja. kadang2 5 macam sudah terlalu banyak baginya.. Apabila terlalu banyak saham yg di miliki, perhatian kita akan terbagi2.. dan potensi keuntungan akan terdiversifikasi ..